Bro, Ini Ide Main Sama Anak

Buat sebagian besar Ayah baru, ditinggal berdua saja bersama anak ketika Ibu sedang menikmati waktu sendirinya bisa jadi sebuah masalah besar. Persiapannya saja seringkali sudah dari seminggu sebelumnya atau bahkan sang istri tidak kenal lelah untuk terus mengingatkan suami jadwal harian si anak.

Jika bingung harus ngapain aja, well, Anda tidak sendirian, ada begitu banyak Ayah baru yang juga bingung mau bermain apa dengan anak yang masih kecil. Satu-satunya referensi bermain dengan anak yang dimiliki oleh Ayah adalah memori bermainnya ketika masih kecil dulu. Anda tentu punya banyak referensi, 5 permainan dibawah ini mungkin hanya sekadar mengingat kembali hal yang sudah sering Anda lakukan atau bisa jadi menambah referensi Anda.

  • Kemah Selimut

Bermain rumah-rumahan atau sekadar membuat ruang rahasia sendiri bersama anak bisa menjadi salah satu permainan yang cukup seru. Kita bisa menggunakan berbagai bantal dan guling, selimut dan asesoris lainnya untuk menambah keseruan. Permainan ini bisa dimulai dengan skenario koboi menunggang kuda dan beristirahat di kemah. Ketika masuk di dalam kemah selimut ini, kita bisa membaca beberapa buku sambil mencicipi makan cemilan yang sehat.

  • Bola Lipat

Ini sebenarnya permainan dimasa kita kecil dulu, bermain bola dengan bermodalkan meja kecil, kertas karton bekas dan sedikit robekan kertas yang diubah menjadi bola. Anak laki dan perempuan sangat senang bermain bola lipat ini apalagi jika berhasil mengalahkan Ayah. Disarankan membuat permainan bola ini bersama anak, karena bisa melatih mereka dalam hal melipat kertas dan mewarnai. Jika tidak ingin ribet, silahkan cari di toko online dengan kata kunci sepak bola kertas.

  • Main Air

Oke, ini sih sebenarnya permaianan tak lekang zaman yah. Kayanya anak-anak mah enggak perlu diajarin soal main air ini. Jika mau modal sedikit, bisa beli kolam renang dengan harga terjangkau di online shop dan dalam waktu singkat kita bisa bermain air sepuasnya. Tapi jika tidak sempat beli, cukup sediakan baskom yang agak cukup besar, selang air dan bola-bola kecil atau mainan anak yang terbuat dari plastic atau karet. Baskom diisi air secukupnya agar anak bisa berendam dan selang air kita gunakan untuk bermain hujan-hujanan, sementara bola kecil dan mainan anak buat seseruan aja. Tambahan biar tambah seru, silahkan Ayah mengarang cerita bebas tentang bajak laut atau cerita lain.

  • Piknik di Taman atau di Rumah

Menghabiskan waktu di taman bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu ketika Ayah mau menghabiskan waktu bersama anak. Selain jalan-jalan, kita juga bisa menggelar tikar dan makanan pendamping ASI untuk si kecil, piknik ala Ayah gitu. Bermain di taman memiliki dampak positif, salah satunya adalah anak bisa bersosialisasi dengan anak-anak lain seusianya di taman, hal lainnya, anak bisa merasakan jalan di rumput, memegang daun dan menginjak pasir untuk merangsang integrasi sensorik.

  • Membaca

Oke, ini sebenarnya kegiatan paling menantang sih, antara anaknya yang terkadang tidak betah dan tidak bisa diam sama Ayahnya yang kemudian jadi ngantuk. Tapi, membaca memiliki dampak yang cukup positif, seperti belajar suara dasar, pola dan ritme suara kemudian melatih memusatkan perhatian serta merangsang penguasaan kosa kata lebih cepat.

Tuh, banyak kan sebenarnya yang bisa kita lakukan bro? Ini sih hanya 5 aja yah, kita yakin kalian pasti punya banyak ide lain, yang jelas, pengasuhan ini sebenarnya milik bersama kok, kan yang namanya orangtua itu Ayah dan Ibu, jadi bikinnya berdua, yah ngurus anaknya juga berdua.


AyahASI Indonesia (Rahmat) | Untuk tahu lebih banyak soal AyahASI silahkan kunjungi sosial media kami di @ID_AyahASI dan website di www.ayahasi.org

Artikel di atas merupakan hasil kerjasama BukaReview dan AyahASI Indonesia dan dapat dilihat di bit.ly/BukaReviewXAyahASI5

    Leave Your Comment Here