Boleh Makan Pedas?

Karena banyak banget yang nanyain apakah ibu menyusui boleh makan pedas atau tidak, berikut bahasan mimin, sebuah utas:

  • Okeh-okeh..gini-gini, mimin perlu memperjelas mengenasi Rasa Pedas vs ASI nih..jadi Rasa Pedas pada dasarnya bukan rasa. Catet ini yak
  • Rasa Pedas timbul karena Senyawa Capsaicin pada cabai membuat PANAS, TERBAKAR dan NYERI di lidah atau kulit, kulit lidah sgt sensitif
  • Beberapa ahli bilang kalo Senyawa Capsaicin bisa terkandung di dalam ASI..tapi tidak cukup untuk membuat lidah bayi PANAS & NYERI
  • ASI di produksi dengan mengambil nutrisi dari DARAH ibu..BUKAN dari LAMBUNG / PENCERNAAN si ibu..jadi kalo ASI pedes, DARAH ibu juga
  • Senyawa Capsaicin aktif ini sebenarnya ga cuma di cabe…Koyo yg elu suka pake itu mengandung senyawa capsaicin, panas kan di kulit?
  • Nah sensasi panas/terbakar/nyeri dikulit itu kalo di lidah namanya sering kite kenal dengan RASA PEDAS
  • Bisa jadi bayi yang memiliki reaksi justru alergi/sensitif pada makanannya…salah 1 reaksi alergi adalah gangguan pencernaan
  • Nah pada bayi alergi/sensitif, senyawa capsaicin ini bisa berpengaruh ke pencernaannya..tapi ASI tidak memiliki RASA PEDAS.
  • Prinsipnya jelas! Produksi ASI diambil dari darah ibu, kalo ASI pedas¬†coba bayangin ada koyo didalam darah elu! bisa kelojotan kan?
  • Jadi senyawa capsaicin yang terkandung di dalam ASI tidak cukup membuat reaksi NYERI/KEPANASAN..tp bisa bereaksi buat bayi sensitif
  • Sekali lagi, reaksi pada bayi sensitif itu pun BUKAN PEDAS…tapi di pencernaannya…demikian lah, semoga jelas…*pesen lalapan*
  • Oh satu lagi…bukan cuma “pedas” aja yang bikin bayi terganggu pencernaannya..kalo emang sensitif, ibu makan coklat juga bisa terganggu
  • Yang perlu diingat…ASI juga memiliki fungsi sebagai OBAT PENCAHAR! jadi kalo masih ASIX bayi bisa banyak pup, bisa juga sangat jarang

    Leave Your Comment Here